BUDAYA LATAH INGIN TERKENAL SECARA INSTAN DAN CEPAT MELALUI YOUTUBE.

Maraknya video amatir yang tersebar melalui situs jaringan social youtube belakangan ini. Membuat semakin banyak masyarakat yang giat mengupload tingkah laku, expresi dan gaya mereka yang dari pas-pasan sampai yang berbakat. Semua tujuannya sama yaitu berlomba-lomba mencari ketenaran. Hal apa saja yang dilakukan demi mendapatkan perhatian kalangan masyarakat ramai. Dan youtube memang cukup menjanjikan ketenaran secara mendadak bagi mereka-mereka yang dianggap lucu, unik, menarik, bahkan tidak sedikit dari mereka yang berbakat.

Berikut ini saya akan mengulas mengenai fenomena latahnya masyarakat yang semakin ingin terkenal melalui youtube yang kini sudah menjadi budaya. Namun, sebelum saya mengulas lebih jauh seberapa besar pengaruh youtube terhadap ketenaran seseorang. Saya akan menerangakan apa itu budaya terlebih dahulu.

Definisi Budaya.

Budaya adalah suatu pola hidup yang menyeluruh, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri.”Citra yang memaksa” itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti “individualisme kasar” di Amerika, “keselarasan individu dengan alam” di Jepang dan “kepatuhan kolektif” di Cina. Citra budaya yang brsifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logisyang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka”. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Pengertian Budaya.

 

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

 

Herskovits, memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Pembahasan Masalah :

YouTube.

Youtube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.

Menikmati kelebihan youtube tentu kita harus mengetahui apa manfaat dan dampak dari penggunaan youtube, seperti sebagai berikut.

Apa itu YouTube, manfaat dan efek samping ?

Pasti anda semua tahu apa itu YouTube kan? Ya, YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. Wah anda mesti hati-hati juga jangan sampai salah upload video pribadi, bisa brabe. YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya. Saya sendiri tidak gemar membaca tapi sangat menginginkan informasi, dengan YouTube ini sangat membantu mendapatkan apa yang kita cari di internet. Kebetulannya lagi ada fitur YouTube yang bisa di download ke Nokia E71 Series, kalo beberapa hari ini saya nggak posting, ya karena sibuk dengan YouTube ini.

Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari info, YouTube juga bisa digunakan sebagai media hiburan dimana kita bisa mengakses berita, musik dan lagu, informasi dunia terbaru, film dan lain-lain. Bahkan karena saya hobi nonton Wayang Golek, hampir setiap malam saya nonton wayang golek dalang Asep Sunandar di Nokia E71 sambil tiduran [sunda: gogoleran] terutama nonton bobodoran “Si Cepot”. Dan sekali-sekali nonton kocakny Mr. Bean yang konyol.

Karena terlalu bisa di akses dan mengakses terlalu bebas, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, facilitas YouTube tidak bisa diakses. Upload bebas video dengan YouTube kadang bisa menimbulkan akibat fatal ketika kita lupa upload atau tidak sengaja terupload. Kemungkinan lain dari kebijakan tersebut diantaranya mengenai sara. Itulah sebabnya di bebarapa negara sangat ketat memberlakukan aturan penggunaan YouTube.

Tidak berbeda denga fungsi search engine, pencarian di YouTube akan muncul list sejumlah video YouTube sesuai keyword yang di pakai dalam pencarian tersebut. Dari hasil pencarian akan muncul top rated, most viewed dan most recent di halaman muka YouTube dan juga jumlah video yang berhubungan dengan kata kunci pencarian tadi.

Apakah YouTube juga bisa menjadi media untuk menghasilkan uang? Kenapa tidak! Justru dengan YouTube menurut saya merupakan upaya promosi yang sangat efektif untuk mengiklankan produk anda secara gratis. Produk yang saya maksud di sini bisa berupa barang elektronik, pakaian, makanan dan minuman, bisnis anda dan lain sebagainya. Bahkan blog anda juga bisa di promosikan melaui YouTube ini, sertakan link di YouTube untuk me-direct pengunjung ke blog atau website anda. Kira-kira seperti ini lah heheee

Dampak Positif dan Negatif Youtube

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, ataupun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di Youtube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah di unggah oleh orang banyak. Pemanfaatan youtube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna. Berikut dampak positif dan negatif dari Youtube :

Dampak Positif :

– Dapat mencari video tutorial

– Bisa menjadi artis dadakan

– Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki

– Dapat mencari video unik dan lucu

– Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik

Dampak negatif :

– Dapat dipakai untuk mencari video porno

– Video-video kekerasan

– Video yang dapat memperjelek nama seseorang

Beberapa kasus dalam youtube.

JAKARTA (Pos Kota) – Kesuksesan Shinta dan Jojo melakukan lipsing lagu Keong Racun di situs jejaring sosial Youtube nampaknya bakal tersaingi oleh polisi di Kota Gorontalo, Sulawesi.

Satu video tayangan baru kini tengah menghebohkan situs Youtube, dimana anggota Brimob lengkap dengan seragamnya menyanyikan lagu dari film India, Chaiya Chaiya,sembari menirukan gaya aktor kondang Shah Rukh Khan.

Di bawah tajuk Polisi Gorontalo Menggila,anggota Brimob yang belum yang diketahui namanya itu menyanyikan soundtrack film Dil Sie, yang pernah popular di tahun 1998. Pengucapan syair India-nya fasih, lengkap dengan gerakan tariannya yang khas.

Bila di film aslinya,  yang  disutradarai Mani Ratnam dan musiknya di garap A.R Rahman,  aktor Shahrukh Khan dan pasangannya, Manisha Koirala menyanyikan lagu Chhaiya Chhaiya di atas kereta api yang sedang melaju kencang, Pak Polisi kocak dari Gorontalo itu nyanyi di depan tempat duduk posnya.

Pada akhir tayangan video yang diunggah empat hari lalu oleh pemilik akun bernama Ivhalmarley,  Pak Polisi memperlihatkan lidahnya yang ditindik.

Meski baru empat hari tayang, video itu sudah ditonton oleh 5.600 orang. Padahal pada Sabtu (2/4) malam, penonton video ini belum mencapai 1.500 orang.

SALUT

Macam-macam komentar atas video itu, sebagian besar salut dan memuji penghayatannya. “…berbakaaat bangeeettt… ekspresif…. luar biasa… gilaaa…!! saluuutt, “ komentar  affandirh 6
“pakpolnya kreativ…..dan ga munafik….lanjutkan pak…” komentar norumizaki.

Sejumlah pengunjung memprediksikan, polisi yang belum diketahui identitasnya ini, bakal menjadi selebiritis baru. “bentar lagi dia jd selebriti,” kata Msshine1986. “calon seleb gantinya sinta jojo nih,” kata maticholic.

“Like this banget, merubah pandangan negatif gue tentang Polisi Indonesia yang kaku dan sok seram, gue bisa paham betapa bosannya duduk berjam jam , tapi kagum akan kreatifitas positif yang muncul. Ayo klik terus biar ngalahin sinjo…..”

Sinta jojo kalah telak nich, kwkwkwkwkwkwkwk keren gan….”, komentar yang lain.“.. kereeeennnnn … kocak bener nih polisi .. menghilangkan pikiran negatif ttg polisi itu serem, “ komentar yiyinx .

“Perlu DTiru Contoh yg Sangat amat bagus….” komentar ajichyn . “Yg salut yg sebelahnya tuh….pose nya gak ada brubah cuek walau tuh temennya jingkrak2 gak karuan……. wkwkwkwkwk….” jabo6417 . “mantap. lanjut pak, ” tulis komentator dengan nama abydharda . (dms)

JAKARTA (Pos Kota) – Kesuksesan Shinta dan Jojo melakukan lipsing lagu Keong Racun di situs jejaring sosial Youtube nampaknya bakal tersaingi oleh polisi di Kota Gorontalo, Sulawesi.

Satu video tayangan baru kini tengah menghebohkan situs Youtube, dimana anggota Brimob lengkap dengan seragamnya menyanyikan lagu dari film India, Chaiya Chaiya,sembari menirukan gaya aktor kondang Shah Rukh Khan.

Di bawah tajuk Polisi Gorontalo Menggila,anggota Brimob yang belum yang diketahui namanya itu menyanyikan soundtrack film Dil Sie, yang pernah popular di tahun 1998. Pengucapan syair India-nya fasih, lengkap dengan gerakan tariannya yang khas.

Bila di film aslinya,  yang  disutradarai Mani Ratnam dan musiknya di garap A.R Rahman,  aktor Shahrukh Khan dan pasangannya, Manisha Koirala menyanyikan lagu Chhaiya Chhaiya di atas kereta api yang sedang melaju kencang, Pak Polisi kocak dari Gorontalo itu nyanyi di depan tempat duduk posnya.

Pada akhir tayangan video yang diunggah empat hari lalu oleh pemilik akun bernama Ivhalmarley,  Pak Polisi memperlihatkan lidahnya yang ditindik.

Meski baru empat hari tayang, video itu sudah ditonton oleh 5.600 orang. Padahal pada Sabtu (2/4) malam, penonton video ini belum mencapai 1.500 orang.

Bona Paputungan – Mungkin nama Bona Paputungan sebelumnya tidak pernah menjadi pemberitaan di media massa, sebelum lagu yang diciptakannya berjudul Andai Aku Gayus Tambunan kini sangat dicari melalui situs internet.

Atas kejadian yang pernah menimpa dirinya, yaitu mendekam didalam penjara semenjak 11 Maret 2010 hingga 7 Oktober 2010 karena terkena kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), akhirnya Bona Paputungan mencipatakan lagu yang kemudian lagu tersebut banyak disukai oleh para pengguna internet di Indonesia, dan saat ini sudah hadir dalam bentuk video dan format MP3 diberbagai situs komunitas.

Inti dari lagu tersebut sebenarnya berisi tentang cerita Bona Paputungan ketika mendekam didalam teralis besi. Dia menyindir perlakuan istimewa yang diterima terdakwa mafia pajak, Gayus Tambunan, ketika menjalani masa tahanan. Gayus bisa dengan mudah plesiran ke Bali, bahkan sampai ke luar negeri.

Sementara untuk napi lain yang terjerat kasus jauh lebih ringan dan bukan dari kalangan pejabat atau konglomerat, ‘hidup nyaman’ di penjara adalah hal yang mustahil.

Setelah keluar dari penjara itulah, dia kemudian membuat video klip unik ini. Lagu ciptaannya itu juga tengah hangat dibahas lewat situs-situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Para pengguna akun jejaring pertemanan ini ramai-ramai menge-share lagu “Andai Aku Gayus Tambunan”.

Kesimpulan.

Youtube saat ini bisa menjadi kan seseorang yang terkenal sangat cepat. Banyak orang yang terkenal karena mengunggah video ke youtube hanya untuk mencari ketenaran padahal Popularitas itu tidak bisa diraih dalam waktu yang singkat, popularitas itu harus mempunyai bakat yang alami. Namun terkadang budaya latahnya masyarakat Indonesia yang sudah mendarah daging menyabebkan mereka mengikuti tren yang ada, sehingga segala cara dilakukan, agar mereka bisa menjadi yang mereka inginkan. Seperti contoh yang ada di atas.  Kepopuleran Sinta jojo hanyalah kepopuleran sesaat. Ada juga yang berdampak negatif seperti Luna Maya dan Ariel peterpen. Tapi tidak semua video yang di unggah di youtube menjadi terkenal di karenakan video itu kurang diminati oleh pencinta internet.

Dikutip dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://mengajar-bersama.blogspot.com/2010/12/dampak-positif-dan-negatif-youtube.html
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/04/03/heboh-video-polisi-gorontalomenggila-
di-youtube
http://karodalnet.blogspot.com/2011/01/bona-paputungan.html

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s